Monday, July 27, 2009

0035 SKETCH EQUIPMENTS


Ini adalah sketch tools yang menjadi favorit saya, khusus untuk area kecil/A6-A5.

A. Pigma Micropen; paling favorit ukuran 0.05. drawing pen jenis ini memiliki garis yg akurat, tajam dan tidak luntur. cocok untuk teknik line and wash.

B. Snowman Drawing Pen; disamping untuk skets saya sering menggunakannya untuk line art ilustrasi. cukup tajam dan water proof.

C. Fountain Pen; memiliki karakter goresan yang tajam dan ekspresif. untuk ukuran standard/fine cocok untuk skets. sayang tinta yang beredar di pasaran kebanyakan tidak water proof sehingga untuk teknik line and wash tidak cocok. Platinum Carbon Ink adalah salah satu tinta khusus untuk isi fountain pen yang tidak luntur. untuk mendapatkannya harus titip teman yg kebetulan ke luar negri atau beli via internet.

D. Kenko Hi-Tech-H #0.28; ballpoint jenis gel pen ini mempunyai ujung goresan yang tajam dan keras. cocok untuk stroke yang kasar. ballpoint ini mulai susah ditemukan di stationary. jenis lain yang mirip adalah Pilot Hi-Tec-c (sekilas mirip, siapa meniru siapa nih...).

E. Pensil B atau 2B.
F. Water Brush; produk Sakura ini sangat efektif untuk dibawa saat kita berpergian, karena di dalamnya terdapat water tank yang siap pakai dan cocok berpasangan dengan cat air jenis cake (half pans).

G. Folded Brush; kuas dengan penutup ini melindungi dan menjaga bulu-bulu kuas dari berbagai kemungkinan kerusakan akibat tertekan atau terantuk benda lain. Sayang kuas jenis ini tidak dijual secara bebas melainkan menjadi satu paket dengan cat airnya (saya belum pernah menemukan di art shop).

H. Flat Brush; berguna untuk menyapu bidang yang agak lebar dan cocok untuk memblending dua bidang warna.

18 comments:

*shanti yani* said...

bang, bagi info toko2 yg bisa direkomendasiin u kita-kita dong...sekalian dengan sketch booknya (mumpung sy lagi di JKT skrng, siapa tahu bisa sekalian borong..)
:D

CEDHARR said...

Tentang sketchbook ada banyak jenis dan ukuran, tinggal pilih sesuai kebutuhan.
berikut toko buku dan art shop yg perlu di kunjungi.
1. Toko buku Gunung Agung
- Jl. Kwitang, (no dan wilayahnya lupa, jkt pusat).
- Mal Senayan City

2. - Toko Buku Gramedia, mall Pondok Indah I jakarta selatan
- Tk Bk Gramedia Matraman, Matraman Kampung melayu, Jakarta Selatan (?)

3. Arte Media, jl. arteri pondok indah.

4. Widayat Art Supplies,
Pasa Raya Blok M, lt 12 Jakarta Selatan

5 Toko Prapatan, jl Fatmawati depan Plaza telkom Jakarta Selatan

smg bermanfaat, met shopping...

rumah pohonku... said...

ha..ha...ha...mas cedhar...ada "korban" lagi nih...pasti banyak "korban" lagi deh :)
@shantiyani:titip water brush yg ukuran m dan l bu!

senimanpeta said...

kulonuwun, saya disarankan oleh http://antownholic.com berkunjung kesini untuk tau soal sketch.

CEDHAR said...

@senimanpta; monggo lho... sharing ilmu,pengalaman, info dll seputar skets. selamat jalan2 di blog saya. suwun

antown said...

hehe, senimanpeta akhirnya kemari juga. hayuk belajar bareng :D

salde09 said...

thanks udah berbagi pengetahuan mas ;), aku jg suka Sketching tp masih minim pengetahuan ttg alat yg digunakan (tau.y cuman pensil hehe)...untuk warna rambut di sketsa yg itam pekat pake apa yg bagus mas?cat air atau spidol atau bisa pake pensil aja (pensil nomer brapa yg paling item)?aku lagi gambar sketsa wajah tp bingung untuk warna rambut..terimah kasih sebelum.y atas infonya!

senoaji said...

mas, pulpen2 tinta itu tahan air nda? maksudnya kalau kena air apa mudah luntur?
rgds

DHAR CEDHAR said...

Mas Seno, marker model Drawing pen, Pigma, Pilot, dan pulpen Kenko Hi-Tech itu tidak luntur. Hanya tinta untuk fountain pen yg masih luntur. Sebenarnya ada tinta khusus unt fountain pen yg tahan air, namanya PLATINUM CARBON INK, ttp tinta ini jarang bahkan mungkin tidak masuk di Indonesia... (singapore mungkin ada, bbrp sketchers di sana paka fountain pen dg pewarnaan cat air)...

senoaji said...

kemarin dapat "musibah" mas.. pulpen pilot hitec saya tiba2 rusak "ball"-nya. malas beli baru (yg itu baru dipakai 2 minggu) harganya juga mahal (tanggal tua malas ke atm:) iseng mampir ke toko buku sebelum mensketsa ngetes nyari kenko 0.4mm.. harganya hanya 1/3-nya!!! hahaha langsung beli 2 dg perasaan masih skeptis akan performanya. Tapi begitu dipakai sketch-on-site enak betul.. agak sulit dikendalikan awalnya krn masih baru mungkin namun berikutnya aman ehehehehe

Kamen Rider Indonesia said...

ada snowman yg 0,05 y? trs yg micropen itu harganya berapa?

DHAR CEDHAR said...

@Kamen: ada mas, meski agak jarang dijual di semua toko alat tulis. Microprn (Pigma-Sakura) harganya berkisar 17 ribua-an.
Merek lain # o,05 adalah Uni Pin dari Mitsubishi , harga skitar 10 ribu-an.

DHAR CEDHAR said...

@Seno: ballpoint jenis Pilot dan Kenko Hi Tech memang tidak boleh terjatuh apalagi pas di ujungnya, akan langsung mati. juga agak sensitif bila digores di bidang yg kasar. Paling cocok di kertas yg permukaannya halus...
Sepengalaman sy cukup bagus kok, sering habis sampai tandas tintanya, ttp ada jg yg mati meski tinta blm habis, mungkin pernah terjatuh atau dicoba gores2 di atas permukaan kasar oleh anak saya...

senoaji said...

trims mas,
o iya sedah sebulanan ini saya eksplorasi cat air, jika ada waktu longgarnya mas minta tolong dikoreksi
suwun

DHAR CEDHAR said...

Oke, tlng tag sy saat upload karya di FB. Suwun...

Hend Click said...

nnya donk...kloe drawing pen ad brpa ukrn y???klo ad..ukrn plink kcil na brp y???

Hend Click said...

nnya donk..drawing pen ad brp ukrn y??hmm..ukurn pling kcil brp???

thx

DHAR CEDHAR said...

Mas Hend,
Sepengetahuan saya ukuran drawing pen dimulai dari 0,05 sampai 0,8. Tidak semua merek memiliki ukuran itu, ttp snowman yg paling lengkap. Coba cari di Gramedia atau TGA.