Thursday, July 23, 2009

0028 DI SEKITAR RUMAH

Sketch on location, Pamularsih Semarang.

Salah satu objek favorit saya adalah tiang listrik, entah apa yang membuat saya begitu tergelitik untuk menuangkannya dalam sketchbook. Mungkin saya terilhami dengan isi bukunya Adrean Hill (saat itu saya masih kelas 1 SMA) dimana sebaris tiang listrik atau tiang kabel telepon merupakan objek yang cukup menarik untuk digambar, terlebih lagi bila tiang-tiang tersebut berdiri tidak sama tegak. Iramanya menjadi sangat dinamis dan hidup. Tetapi tiang yang saya jumpai tidak seperti yang tergambar dalam bukunya Adrean Hill, tiang-tiang itu sengsara karena sarat dengan beban puluhan kabel yang malang melintang dan terkesan asal pasang. Kondisi inilah yang membuat kesan dramatik bila dibanding dengan sebuah tiang yang berdiri bersih tanpa 'selembar' pun kabel melintang...


Bila pagi atau sore hari, kabel listrik yang melintang kedatangan tamu. Sekelompok burung gereja pohon bertengger di atasnya. Mereka berkelakar, berceloteh atau sekedar membersihkan bulu-bulu mereka yang kasar. Saya suka suasana seperti ini...
plainbook, Pigma Micro Pen #0,05 dan grey water brush.

No comments: