Saturday, June 9, 2012

PARA PEKERJA GALIAN

Tuntutan hidup di kota besar seperti Jakarta ini, akan mendera setiap orang untuk bekerja lebih keras lagi. Persaingan yang semakin ketat, lapangan kerja yang semakin sempit serta peluang usaha yang semakin sulit menjadi tantangan besar bagi mereka yang hijrah ke megapolitan ini.
Seperti halnya para buruh kasar yang sedang mengerjakan proyek galian kabel di Jl Keramat Cilandak ini. Mereka bekerja tidak kenal waktu dan cuaca. Dalam kondisi hujan dan gelap, hanya dengan
penerangan dua batang lilin mereka saling bahu membahu menggali dan menarik kabel besar penambah daya dari ujung galian satu
ke ujung galian lainnya.
Inilah sepenggal kisah pergulatan hidup untuk bisa bertahan dari kondisi yang semakin terasa berat dan sulit.

Tariiik! Tariiik! Tariik! Terdengar komando seorang pekerja setiap kali mengungkit balok agar kabel di dalam lobang bergeser.Dua orang di atas bertugas mengungkit kabel yang ditarik beberapa orang pada sisi ujung tali, sementara seorang di dalam lobang mengkaitkan badan kabel dengan balok pengungkit.      
Istirahat sejenak saat hujan mulai deras. Mereka memanfaatkan waktu isteirahat ini sambil menikmati semangkok mie instan, kopi panas dan sebatang rokok.
Pagi harinya, pekerjaan penggalian ini dimulai lagi. Dengan berbekal ganco, Pak Ipan asal Cirebon mencoba peruntungan ke Jakarta sebagai buruh galian.
Tanah hasil galian dimasukkan ke dalam karung agar cecerannya tidak mengganggu orang yang lewat di sekitar galian.
Sambil berteduh di teras sebuah warung makan yang sudah tutup, saya mencoba mengabadikan mereka.

2 comments:

neliyo said...

Mas Dhar, ijin share link skethbooknya ke facebook Urban Sketchers Bali ya, biar kami makin semangat menggambar.. Trimakasih sebelumnyaaa..

DHAR CEDHAR said...

Silakan mas,
selamat berkarya, smg banyak lahir sketchers bali yg mendunia...
salam buat rekan2 sketchers Bali.