Friday, October 23, 2009

STASIUN KAMPUNG BENDAN, MANGGA DUA JKT

Menjelang sore, setelah hampir setengah hari melakukan market survey di ITC Mangga Dua Jakarta Pusat. Saya menyempatkan diri untuk ‘menengok’ lintasan keretapi yang letaknya tidak terlalu jauh dari ITC, tetapi untuk menuju ke tempat tersebut dengan membawa motor cukup sulit apalagi kami tidak mengenal daerahnya. Setelah melalui jalan setapak padat penghuni dan berkali-kali bertanya kepada penduduk, sampailah kami ke tempat tujuan.
Tepat di ujung gang terdapat dua jalur keretapi stasiun Kampung Bendan. Diantara kedua jalur kereta terdapat sebuah bangku kecil yang sepertinya sengaja diletakkan sebagai tempat duduk atau sekedar menikmati suasana. Ini merupakan tempat yg cukup berbahaya bila siang hari saat jam keretapi lewat. Saat saya datang, beberapa anak sedang bermain di bangku tersebut. Melihat hal ini saya putuskan untuk menskets suasana dengan objek utama stasiun yang secara kebetulan sangat pas sudut pandangnya.
Saya sadar bahwa tempat dimana saya duduk cukup berbahaya, terlebih saat keretapi lewat. Situasi ini menjadikan saya kurang nyaman dalam menskets. Saya hanya mampu menyelesaikan garis besarnya saja, sedang finishing-nya saya lakukan setelah tiba di rumah. Bayangkan, kurang dari satu jam terdapat 6 keretapi yang lewat, baik dari arah depan dan belakang saya. Bersyukurlah saya karena kereta tidak lewat secara bersamaan!
Berikut foto-foto dan skets yang saya buat…



Keretapi mulai meninggalkan stasiun Kampung Bendan


AWAS! Kereta semakin dekat...


- Jangan bergeser dari tempat
duduk…


- Tahan nafas… dan berhentilah menskets!


- Wusss…..! Kereta lewat berikut material debu yang ditebarkan!


- Lihat…. Buku sketsa saya basah terkena cipratan air dari AC kereta…

• Stasiun Kampung Bendan, Jakarta


• Deretan rumah penduduk di sekitar rel kereta

• Motor yang membawa saya saat menskets langsung di lokasi.

6 comments:

gabi campanario said...

these are great sketches Cedhar! please share them on the USk blog!

CEDHAR said...

Thank you Gabi. OK I will post to USk blog in a few days later...

geraldo roberto da silva said...

Great sketches! Very good!

*shanti yani* said...

diantara seluruh sket sebelumnya, sepertinya sket ini yang paling 'membekas' di hati (gimana tidak, jika difoto itu terlihat bang cedhar berjarak cuma beberapa inchi saja dari K.A. yg lagi berjalan!!) betapa merupakan tantangan adrenalin yg mendebarkan sekaligus menyenangkan. Jangan-jangan bakal jadi hobby baru bang cedhar; 'adrenalin sketching'
:D

CEDHAR said...

Tkq for Geraldo.
@Mbak santi; adrenalin sketching, hardcore sketching.... istilah baru yg menarik! semoga tidak mbak, barangkali sy hanya mencoba memuaskan insting 'jurnalistik' saja meski kalo dipikir ulang rasanya sy nggak percaya kalo sy bisa senekat itu hehehe.... mungkin lain kali harus lebih hati2 lagi saat menentukan tempat untuk menyeket; keselamatan adalah hal yg utama!
Tks atas comment nya...

wibbler said...

Fabulous sketches!